Anda pengunjung yang ke:

Traffic Counter

BANNER SAHABAT

Senin, 28 Mei 2012

Tips Membahas Pendidikan Tentang Seks Dengan Anak

Filled under:




Tips Orang Tua Membahas Pendidikan tentang Seks dengan AnakSariptrik.blogspot.com – Membahas pendidikan tentang seksbukan merupakan hal yang tabu lagi untuk didiskusikan orang tua dengan anak. Mencegah perilaku seks yang menyimpang bisa dilakukan sejak dini dengan memberikan pendidikan seks yang tepat. Orang tua tidak boleh hanya bergantung pada lembaga sekolah karena pendidikan seks dari dalam rumah juga tidak kalah pentingnya. Dengan demikian orang tua bisa memantau perkembangan seksualitas anak dengan baik.
Berikut tips yang bisa anda terapkan ketika akan membahas pendidikan seks dengan anak.
  1. menciptakan peluang untuk membahas seks : seks merupakan topik yang hangat dan selalu ada di sekitar kita terlebih lagi ketika kita menonton televisi bersama keluarga di rumah. Tangkap momen yang tepat ini untuk membahas seks bersama anak. Cukup yang ringan saja agar anak tak merasa canggung dan sungkan. Kadangkala orang tua merasa kesulitan untuk memulai obrolan seputar seks. Jadi setiap kali obrolan tersebut berjalan dengan lancar, manfaatkan sebaik-baiknya untuk menyelipkan edukasi seks kepada anak.
  2. bersikap terbuka : bersikaplah secara terbuka. Jangan terlalu banyak basa basi apalagi menggunakan bahasa yang ambigu. Jelaskan pendidikan tentang seks kepada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti. Berikan penjelasan mengenai berbagai resiko perilaku seksual yang terjadi di masyarakat seperti penyakit seks menular, gangguan emosional, dan resiko kehamilan. Pada akhirnya, si anak akan paham mengenai dampak positif dan negatif hubungan seks yang dilakukan sebelum menikah.
  3. Bersikap jujur : Bersikaplah jujur saat menerangkan pendidikan tentang seks. Anda tidak perlu berakting seakan-akan anda adalah seorang pakar seks. Jika anda tidak bisa menjawab pertanyaan anak, katakan saja sejujurnya. Ajak mereka untuk mencari jawaban tersebut bersama-sama.
  4. Diskusikan seks dari berbagai sudut pandang : seks bukan hanya di pandang berdasarkan fakta yang terjadi dalam masyarakat. Banyak aspek yang mempengaruhi seks itu sendiri. Jadi sebagai orang tua perluaslah bahasan seks yang mencakup berbagai sudut pandang seperti nilai keyakinan, nilai moral, nilai etika dan nilai agama.
  5. Hargai pendapat anak : sabar merupakan kunci utama dalam mendidik anak. Anda harus siap untuk menjadi pendengar yang baik saat anak mengeluarkan uneg-uneg mereka tentang perilaku seks. Dengarkan pendapatnya dan pahamilah apa yang menjadi minat dan rasa ingin tahu si anak. Dengan demikian, anda akan mengerti pendidikan tentang seks yang lebih dibutuhkan anak.(Agustina)

Ditulis Oleh : SyariĆ’™ ~ Tips dan Trik Blogspot

Syarip Hidayat Sobat sedang membaca artikel tentang Tips Membahas Pendidikan Tentang Seks Dengan Anak. TuTorial Ku UnTuK Mu™ Memperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya



Baca Artikel Lainnya.!:

0 komentar:

Posting Komentar