Anda pengunjung yang ke:

Traffic Counter

BANNER SAHABAT

Kamis, 28 November 2013

Makalah Tentang Etos Kerja | TuTorial Ku UnTuK Mu

Filled under:



http://vtox-mp3.zz.mu/download/15/1/90b30eea6c9582f6240f9ab3c3a68de4/syarifetoskerja.rar

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang

Sebagai manusia, kita diwajibkan untuk berusaha dalam menggapai sebuah cita-cita. Kita tidak boleh hanya berpangku tangan dan pasrah. Ajaran agama kita melarang orang yang hanya pasrah tanpa berusaha. Kewajiban kita hanya berusaha dan berdoa, serta mengharap rahmat Allah swt. Namun harus diingat, Allah swt akan memberikan karunia-Nya sesuai dengan usaha seseorang dan doa yang tulus. Oleh karena itu, berusahalah sekuat tenaga dan berdoalah dengan khusyuk dan tulus.
Agama Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai tuntunan dan pegangan bagi kaum muslimin mempunyai fungsi tidak hanya mengatur dalam segi ibadah saja melainkan juga mengatur umat dalam memberikan tuntutan dalam masalah yang berkenaan dengan kerja.
Rasulullah SAW bersabda: “bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya, dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan-akan kamu mati besok.” Dalam ungkapan lain dikatakan juga, “Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah, Memikul kayu lebih mulia dari pada mengemis, Mukmin yang kuat lebih baik dari pada muslim yang lemah. Allah swt.menyukai mukmin yang kuat bekerja.” Nyatanya kita kebanyakan bersikap dan bertingkah laku justru berlawanan dengan ungkapan-ungkapan tadi.
Padahal dalam situasi globalisasi saat ini, kita dituntut untuk menunjukkan etos kerja yang tidak hanya rajin, gigih, setia, akan tetapi senantiasa menyeimbangkan dengan nilai-nilai Islami yang tentunya tidak boleh melampaui rel-rel yang telah ditetapkan al-Qur’an dan as-Sunnah. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.
B. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui secara detail apa itu etos kerja.
2. Untuk mengetahui pentingnya etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang etos kerja.
4. Memahami hubungan etos kerja dengan kehidupan agama.

C. Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian dari etos kerja ?
2. Surah apa saja yang menjelaskan etos kerja ?
3. Apa hubungan etos kerja dengan agama Islam ?

D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup makalah ini hanya sebatas materi etos kerja.

BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Etos Kerja
Etos berarti pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial. Kata kerja berarti usaha,amal, dan apa yang harus dilakukan (diperbuat). Etos berasal dari bahasa Yunani (etos) yang memberikan arti sikap, kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Sikap ini tidak saja dimiliki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat . Dalam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok. Kerja dalam arti pengertian luas adalah semua bentuk usaha yang dilakukan manusia, baik dalam hal materi, intelektual dan fisik, maupun hal-hal yang berkaitan dengan keduniaan maupun keakhiratan. (Dr.Abdul Aziz.Al Khayyath,1994 : 13) berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahamkan bahwa semua usaha manusia baik yang dilakukan oleh akal, perasaan, maupun perbuatan adalah termasuk ke dalam kerja. Contohnya, beribadah,berdoa,belajar,berolah raga, bekerja, bertani, dan berdagang.
Adapun pengertian kerja secara khusus, yakni yang biasa dipakai dalam dunia ketenagakerjaan dewasa ini, adalah setiap potensi yang dikeluarkan manusia untuk memenuhi tuntutan hidupnya, berupa makanan, pakaian tempat tinggal, dan peningkatan taraf hidup. (Dr. Abdul Azis, Al Khayyath,1994 : 22) Dari pengertian kerja khusus tersebut, yang dimaksud dengan kerja hanyalah usaha-usaha untuk kepentingan duniawi semata. Contohnya, bertani, berdagang, dan mengolah kekayaan alam.
Dalam bahasa Arab, kerja disebut amila. Menurut Dr. Abdul Aziz, di dalam kitab suci Alquran terdapat 620 kata’amila (kerja) dengan segala bentuknya (menurut Ilmu Bahasa Arab). Hal itu menunjukkan bahwa masalah “kerja” harus mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari setiap umat manusia, khususnya umat Islam.
Selain itu, di dalam Alquran kata amila(kerja) sering didahului dengan kata’amanuu atau ‘amanuu (beriman). Ini menunjukkan bahwa seseorang yang beriman (mukmin) harus membuktikan imannya dengan amal (kerja), yakni perbuatan-perbuatan yang baik yang diridai Allah. Allah swr berfirman yang berarti, “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi.”(Q.S.An Nur,24 : 55)
Suruhan Allah untuk bekerja sesuai dengan fitrah manusia karena menurut fitrahnya manusia adalah makhluk kerja. Manusia bekerja karena  adanya dorongan berbagai macam kebutuhan, misalnya kebutuhan terhadap makanan, pakaian, tempat tinggal.
Apakah hewan juga merupakan makhluk kerja ? Hewan juga termasuk makhluk kerja. Bedanya dengan manusia, hewan bekerja berdasarkan naluriah semata, tanpa etos, kode etik, dan pertimbangan akal. Sementara itu, manusia bekerja berdasrkan etos, kode etik, moral, dan pertimbangan akal.
Setiap muslim/muslimah di dalam melakukan segala kegiatan kerjanya hendaklah berlandaskan etos kerja yang Islami, yakni etos kerja yang bersumber pada nilai-nilai Islam, yang apabila dilaksanakan tentu akan mendatangkan manfaat, baik duniawi maupun ukhrawi. Termasuk ke dalam etos kerja yang Islami antara lain sikap kerja keras, produktif, dan memacu perubahan social untuk kemajuan.
Dalam bekerja, setiap pekerja muslim (muslimah), hendaknya sesuai dengan etika Islam, yaitu :
Ø Melandasi setiap kegiatan kerja semata-mata ikhlas karena Allah serta untuk memperoleh rida-Nya. Pekerjaan yang halal bila dilandasi dengan niat ikhlas karena Allah tentu akan mendapatkan pahala ibadah.
Rasulullah saw bersabda , yang artinya : Allah swt tidak akan menerima amalan, melainkan amalan yang ikhlas dan yang karena untuk mencari keridaan-Nya(H.R.Ibnu Majah )
Ø Mencintai pekerjaannya. Karena pekerja yang mencinta pekerjaanya, biasanya dalam bekerja akan tenang, senang, bijaksana, dan akan meraih hasil kerja yang optimal.
Rasulullah saw bersabda, yang artinya Sesungguhnya Allah cinta kepada seseorang di antara kamu yang apabila mengerjakan sesuatu pekerjaan maka ia rapihkan pekerjaan itu.
Ø Mengawali setiap kegiatan kerjanya dengan ucapan basmalah.
Nabi saw bersabda yang artinya :Setiap urusan yang baik (bermanfaat, yang tidfak dimulai dengan ucapan basmalah (bismillahirrahmanirrahim,maka terputus berkahnya.(H.R.Abdul Qahir dari Abu Hurairah)
Ø Melaksanakan setiap kegiatan kerjanya dengan cara yang halal.
Nabi saw bersabda, yang artinya :Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang baik,mencintai yang baik (halal), dan tidak menerima (sesuatu) kecuali yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin sesuatu yang diperintahkan kepada para utusan-Nya (H.R.Muslim dan Tirmidzi)
Ø Tidak (Haram) melakukan kegiatan kerja yang bersifat mendurhakai Allah. Misalnya bekerja sebagai germo, pencatat riba (renten), dan pelayan bar.


Artinya :“Tidak ada ketaatan terhadap makhluk untuk mendurhakai sang pencipta”.(H.R.Ahmad bin Hambai dalam musnadnya, dan hakim dalan Al-Mustadrokanya, kategori hadis shahih)
Ø Tidak membebani diri, alat-alat produksi, dan hewan pekerja dengan pekerjaan-pekerjaan di luar batas kemampuan.
Ø Memiliki sifat-sifat terpuji seperti jujur, dapat dipercaya, suka tolong menolong dalam kebaikan, dan professional dalam kerjanya
Ø Bersabar apabila menghadapi hambatan-hambatan dalam kerjanya. Sebaliknya, bersyukur apabila memperoleh keberhasilan.
Ø Menjaga keseimbangan antara kerja yang manfaatnya untuk kehidupan di dunia dan yang manfaatnya untuk kehidupan di akhirat. Seseorang yang sibuk bekerja sehingga meninggalkan shalat lima waktu, tidak sesuai dengan Islam.
Rasulullah saw bersabda yang artinya,”Kerjakanlah untuk kepentingan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selama-lamanya, tetapi kerjakanlah untuk kepentingan akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok.”(H.R.Ibnu Asakin)
Adapun hal-hal yang penting tentang etika kerja yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.    Adanya keterkaitan individu terhadap Allah, kesadaran bahwa Allah melihat, mengontrol dalam kondisi apapun dan akan menghisab seluruh amal perbuatan secara adil kelak di akhirat. Kesadaran inilah yang menuntut individu untuk bersikap cermat dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, berusaha keras memperoleh keridhaan Allah dan mempunyai hubungan baik dengan relasinya. Dalam sebuah hadis rasulullah bersabda, “sebaik-baiknya pekerjaan adalah usaha seorang pekerja yang dilakukannya secara tulus.” (HR Hambali)
2.    Berusaha dengan cara yang halal dalam seluruh jenis pekerjaan. Firman Allah SWT :
“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (al-Baqarah: 172)



B.  Surah yang membahas Etos Kerja
1.      Al-Quran Surah Al-Mujadilah,58:11




Artinya :“Hai orang-orang yang beriman,apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majelis’, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan member kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan : ‘Berdirilah kamu’, maka kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(Q.S.Al-Mujadilah,58:11)
Ayat Al-Quran Surah Al-Mujadilah ayat 11 isinya antara lain berkaitan dengan adab atau tata krama yang harus diterapkan dalam majelis-majelis yang baik dan diridai Allah swt. Adab atau tata karma yang dimaksud yaitu memberikan kelapangan dada kepada orang-orang yang akan mengunjungi dan berada dalam majelis-majelis tersebut dengan cara, seperti : mempersilahkan orang lain yang  datang belakangan untuk duduk di samping kita, sekiranya masih kosong,menciptakan suasana nyaman, mewujudkan rasa persaudaraan,saling menghormati dan saling menyayangi, serta tidak boleh menyuruh orang lain yang lebih dulu menempati tempat duduknya untuk pindah ke tempat lain tanpa alasan yang dibenarkan oleh syara’
Mukmin/Mukminah apabila diperintahkan Allah dan rasul-Nya untuk bangun melaksanakan hal-hal yang baik yang diridai-Nya, seperti shalat, menuntut ilmu, berjuang di jalan Allah, dan membiasakan diri dengan akhlak terpuji, maka perintah tersebut hendaknya segera dilaksanakan dengan niat ikhlas dan sesuai dengan ketentuan syara’
Ilmu pengetahuan mempunyai banyak keutamaan. Perbuatan ibadah yang tidak dikerjakan sesuai dengan ilmu tentang ibadah tersebut, tentu tidak akan diterima Allah SWT.
Rasulullah SAW bersabda :


Artinya : “Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.”(H.R.Muslim)

Asbabun Nuzul (sebab turunnya) ayat 11 surat Al Mujadalah:
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa apabila ada orang yang baru datang ke majlis Rosululloh, para sahabat tidak mau memberikan tempat duduk di sisi Rosululloh. Maka turunlah ayat ini (58:11) sebagai perintah untuk memberikan tempat kepada orang yang  baru datang. (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Qotadah)
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ayat 11 ini turun pada hari Jum’at, di saat pahlawan-pahlawan Badr datang ke tempat pertemuan yg penuh sesak. Orang-orang tidak memberi tempat kepada yagn baru datang itu, sehingga terpaksa mereka berdiri. Rosululloh menyuruh berdiri kepada pribumi, dan tamu-tamu itu (Pahlawan Badar) disuruh duduk di tempat mereka. Orang-orang yang disuruh pindah tempat itu merasa tersinggung perasaannya. Ayat ini (ayat 11) turun sebagai perintah kepada kaum mu’minin untuk menaati perintah Rosululloh dan memberikan kesempatan duduk kepada. sesama mu’min.
2.      Al-Quran Surah Al-Jumu’ah: 9-10






Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.”(Q.S.Al-Jumu’ah 62:9-10)

Surah Al-Jumu’ah :9-10 berisi,seruan Allah SWT terhadap orang-orang beriman atau umat Islam yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai mukalaf untuk melaksanakan shalat Jumat. Agar dapat melaksanakan shalat Jumat umat Islam diwajibkan untuk meninggalkan segala pekerjaannya, seperti menuntut ilmu dan berjual-beli. Umat Islam yang memenuhi seruan Allah SWT tersebut tentu akan memperoleh banyak hikmah.

Umat Islam yang telah selesai menunaikan shalat diperintah Allah SWT untuk berusaha atau bekerja agar memperoleh karunia-Nya. Karunia Allah SWT itu antara lain : ilmu pengetahuan, harta benda, jabatan, kesehatan, kekuatan, kedamaian, dan kesejahteraan. Di mana pun dan kapan pun kaum Muslimin berada serta apapun yang mereka kerjakan, mereka dituntut oleh agamanya agar selalu mengingat Allah SWT. Insya Allah dengan cara-cara seperti itu umat Islam akan meraih keberuntungan.

Mengacu kepada Q.S. Al-Jumu’ah: 9-10, umat Islam diperintah oleh agamanya agar senantiasa berdisiplin dalam menunaikan ibadah wajib, seperti shalat, dan selalu giat berusaha atau bekerja sesuai dengan nilai-nilai Islam (etos kerja yang Islami). Termasuk ke dalam kerja yang Islami antara lain: belajar secara sungguh-sungguh, bekerja keras, dan berkarya secara produktif sehingga dapat mendorong keadaan kearah yang lebih maju.
Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surah Al-Jumu’ah :9-10
Pada saat Rasulullah SAW berkhutbah pada hari Jum’at maka datanglah kafilah membawa barang dagangan dari Syam. Kemudian orang-orang yang sedang mendengarkan khutbah dari Rasulullah SAW pada saat itu mereka keluar untuk menjemput rombongan kafilah itu sehingga hanya tinggal 12 orang saja yang duduk mendengarkan khutbah dari Rasulullah. Dengan terjadinya peristiwa tersebut maka turunlah ayat yang selanjutnya ( ayat 11) yang menegaskan bahwa apa yang ada pada sisi Allah SWT jauh lebih baik dari pada apa yang ada pada perniagaan. (Munajb Mahali,2002: 816)







BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
1. Etos berasal dari bahasa Yunani (etos) yang memberikan arti sikap, kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Sikap ini tidak saja dimiliki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat . Dalam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok.
2. Setiap muslim (muslimah) di dalam melakukan segala kegiatan kerjanya hendaklah berlandaskan etos kerja yang Islami, yakni etos kerja yang bersumber pada nilai-nilai Islam, yang apabila dilaksanakan tentu akan mendatangkan manfaat, baik duniawi maupun ukhrawi. Termasuk ke dalam etos kerja yang Islami antara lain sikap kerja keras, produktif, dan memacu perubahan sosial untuk kemajuan.
3. Surah Al-Mujadalah ayat 11 menganjurkan kepada kita semua untuk memerhatikan kesopanan atau tata karma, baik dalam majelis zikir, pengajian kitab, maupun dalam pertemuan-pertemuan yang sifatnya menjalankan perintah Allah dan mengharap Ridha-Nya.
4. Surah Al-Jumu’ah ayat 9, Allah menjelaskan bahwa ketika ada atau terdengar seruan untuk ibadah Jum’at, maka seharusnya untuk bersegera memenuhi seruan tersebut.
5. Etos kerja sangat berpengaruh pada keberhasilan seseorang. Demikian juga kesuksesan dalam pendidikan. Dengan etos kerja yang tinggi diharapkan seseorang menjadi cakap, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab, terutama pada dirinya sendiri.
6. Nabi Muhammad Saw menganjurkan umatnya agar bekerja dan berkarya dengan kemampuan sendiri untuk mencukupi kebutuhan hidup, mencari ilmu/belajar untuk meningkatkan kualitas diri, dan mengajarkan ketrampilan pada anak-anak.
B.Saran
Agama Islam memerintahkan para pemeluknya untuk menjaga etos kerja dengan baik. Khususnya para pembaca yang masih duduk di bangku sekolah, penulis menyarankan agar tetap menjaga etos kerja.
 ========================================================================
Sekian Sekilah artikel tentang Etos Kerja..
Download Artikel Etos Kerja ( Microsoft Word) 
http://vtox-mp3.zz.mu/download/15/1/90b30eea6c9582f6240f9ab3c3a68de4/syarifetoskerja.rar




Ditulis Oleh : SyariĪ ~ Tips dan Trik Blogspot

Syarip Hidayat Sobat sedang membaca artikel tentang Makalah Tentang Etos Kerja | TuTorial Ku UnTuK Mu. TuTorial Ku UnTuK Mu™ Memperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya



Baca Artikel Lainnya.!:

0 komentar:

Posting Komentar